Pada hari Selasa, 15 Oktober 2024, telah diselenggarakan Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains, dan Teknologi (Sinapmasagi) ke-4, yang diinisiasi oleh Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung. Acara ini berlangsung di Aula K FKIP Unila dan dihadiri oleh berbagai kalangan akademisi, dosen, mahasiswa, serta praktisi pendidikan, termasuk partisipasi aktif dari Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unila.
Seminar ini mengusung tema “Peran Pembelajaran Matematika, Sains, dan Teknologi dalam Menjaga Keseimbangan Kehidupan dan Lingkungan yang Berkelanjutan”, dengan fokus pada diskusi inovasi pembelajaran yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan alam dan kehidupan melalui bidang matematika, sains, dan teknologi. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Hermi Yanzi, S.Pd., M.Pd., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peran pendidikan dalam pelestarian lingkungan dengan pendekatan inovatif di dunia pembelajaran.
Dua narasumber utama yang dihadirkan dalam seminar ini adalah yaitu Prof. Dr. Heni Pujiastuti, M.Pd., Guru Besar Bidang Ilmu Strategi Pembelajaran Matematika dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dengan materi berjudul “Inovasi Pembelajaran Matematika pada Era Digital dalam Menjaga Kehidupan dan Lingkungan yang Berkelanjutan”. Prof. Heni memaparkan bagaimana integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan kualitas pendidikan, sekaligus memberikan solusi terhadap isu lingkungan melalui pendekatan matematis.
Prof. Dr. Chansyanah Diawati, M.Si., Guru Besar Bidang Ilmu Media Pembelajaran Kimia dari Universitas Lampung, dengan materi berjudul “Pembelajaran Sains untuk Menjaga Keberlanjutan Lingkungan”. Prof. Chansyanah menjelaskan bagaimana pembelajaran sains dapat meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda, serta mendorong tindakan nyata dalam menjaga kelestarian alam.
Seminar ini berakhir dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta mendapat kesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan para narasumber terkait isu-isu pendidikan yang relevan dengan tema seminar. Melalui diskusi ini, diharapkan para pendidik, akademisi, dan mahasiswa semakin termotivasi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran yang mendukung keberlanjutan kehidupan dan lingkungan.
Dengan terselenggaranya acara ini, harapannya adalah semakin banyak akademisi dan praktisi pendidikan yang menyadari pentingnya peran ilmu pengetahuan dalam menjaga kelestarian lingkungan, serta mampu mengimplementasikan pendekatan-pendekatan baru dalam pembelajaran yang berorientasi pada keberlanjutan.