Penelitian Dosen

No.Judul PenelitianKetua TimSumber dan Jenis DanaNama Mahasiswa yang dilibatkanJumlah Dana (dalam jutaan)
 TS -2 (2021/2022)TS-1 (2022/2023)TS (2023/2024)
12345678
1Integrated STEM Education Model For Fostering Tpack Of Preservice Physics TeacherProf. Dr. Agus Suyatna, M.Si.PT/MandiriMeli Kurniawati (1913022003), Khodijah (1913022025)50 017 
2Pengembangan model mitigasi bencana banjir non struktural berbasis integrasi data spasial dan learning community di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.Prof. Dr. Agus Suyatna, M.Si.Lembaga DN (diluar PT) 60 0 20
3Analisis Scientific Reasoning Dan Argumentation Performance Pada Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Stem Dalam Pembelajaran Fisika SMADr Viyanti , S.Pd., M.Pd.PT/MandiriIna Fitriyani (1913022001)15 0 5
4Pengembangan Video Pembelajaran Daring Matakuliah Speaking Sebagai Konten Vclass UnilaDr. Doni Andra, M.Sc.PT/Mandiri 15 0 0
5Penerapan Model Pembelajaran ExPRession dengan Pendekatan Computational Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Calon Bakal Guru FisikaDr. Kartini Herlina, M.Si.PT/MandiriNatalya Limbong (1713022046), Adrianus Dicky Febrianto (1513022012) 0 0
6Kepraktisan Dan Keefektifan E-Lkpd Dengan 3d Pageflip Berbasis Inquiri Kreatif Berorientasi Hots Dalam Meningkatkan Self Efficacy Dan Kemampuan BerkomunikasiDr. I Wayan Distrik, M.Si.PT/MandiriLisa Apriyani (1823022007)15 0 0
7Eksplorasi Keyakinan Epistemologis Calon Guru Fisika Dan Konsep Tentang Belajar Mengajar Dan Model Mental Dalam Konsep OptikaDr. Kartini Herlina, M.Si.PT/MandiriAlfath Akbar (1913022017), Luqman Hakim (1913022035)15 0 0
8Pengembagan Modul Praktikum Elektronik Interaktif Materi Gerak Lurus sebagai Alternatif Panduan Praktikum Mandiri Siswa Selama Pandemi Covid-19 dengan Memanfaatkan Software TrackerIsmu Wahyudi S.Pd., M.Pfis.PT/MandiriSiti Masito Febrianti (1913022044), Lutfia Maulidina (1913022013), Anisa Pramita (1913022016)8 0 0
9Analisis trend Masa Mukim dan Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Pada Masa Pandemi Covid 19Dimas Permadi, S.Pd., M.Pd.PT/MandiriFitri Nur Hidayah (1813022007), Roza Amalia (1813022025)5 0 0
10Pengembangan E-Modul Bermuatan Video Pembelajaran Menggunakan Flip Pdf Professional Untuk Implementasi Pendidikan Jarak Jauh Bagi Mahasiswa Calon Guru FisikaAnggreini, S.Pd., M.Pd.PT/MandiriEliezer Parulian Panjaitan (1813022031), Fitria Kusmiati (1813022031)15  
11Pengembangan Perangkat Softskill Assessment Pada Pembelajaran Berbasis Projek Dan Berbasis Masalah Untuk Memetakan Kemampuan Kolaborasi, Komunikasi, Dan Kepedulian Sosial SiswaProf. Dr. Undang Rosidin, M.PdPT/MandiriYolla Ananda Putri Ardiansyah (1913022020)40  
12Dampak Ongoing Assessment dalam Pembelajaran Daring Berbasis STEM Terintegrasi Keterampilan Proses Sains untuk Membangun Pemahaman KonsepDr. I Wayan Distrik, M.Si.PT/Mandiri 20  
13Pengembangan Model Kurikulum Terpadu Pendidikan Dasar Berbasis Ethnopedagogy untuk Membangun Literasi Kebencanaan dan Masyarakat Tangguh BencanaProf. Abdurrahman, M.Si.Lembaga DN (diluar PT) 168  
14Pengembangan Kurikulum STEM Pendidikan Dasar untuk Membekali Pengetahuan dan Keterampilan Peserta Didik dalam Menghadapi Pandemik dan Krisis Perubahan Iklim Global Menuju Masyarakat Tangguh di Era New NormalProf. Abdurrahman, M.Si.Lembaga DN (diluar PT) 114  
15Analisis Faktor dan Pola Interaksi Bimbingan Tugas Akhir Di Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unila Masa Pandemi Covid-19 Dalam Rangka Membangun Enam Parameter Utama KKNIProf. Dr. Undang Rosidin, M.PdPT/MandiriNong Astriyana (1913022037), Tri Apriliana (1913021051), Rosi Rosalena (1813021041) 20 
16Pengembangan Kurikulum STEM-Fisika SMA dalam Konteks Education For Sustainable Development (ESD) Pada Materi Energi Terbarukan untuk Menumbuhkan Kemampuan Complex Problem-Solving dan Sustainability AttitudesProf. Abdurrahman, M.Si.Lembaga DN (diluar PT)  95 
17Model Project-Based Blended Learning di Era dan Pasca Pandemi Covid-19 untuk Mengembangkan Keterampilan Argumentasi, Kolaboratif dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru FisikaWayan Suana, S.Pd., M.Si.Lembaga DN (diluar PT)Indah Ardita Putri (1913022012), Revina Rosa (1913022028), Fitra Rinjani Yusman (1913022043), Galuh Oktarina Kusuma (1913022044) 83 
18Pengembangan E-Lkpd Berbantuan Pageflip 3D Berbasis Problem Based Learning untuk Mengeleminasi Miskonsepsi dan Membangun Kemampuan Literasi Digital Siswa SMADr. I Wayan Distrik, M.Si.PT/MandiriYeni Sri Purwati, S.Pd. (2023022008) 20 
19Pengembangan E-Lkpd Berbasis Model Pembelajaran External Physics Representation untuk Melatihkan Hands-On, Mind-On, dan Heart-On Activity Peserta DidikDrs. I Dewa Putu Nyeneng, M.Sc.PT/Mandiri  40 
20Pengembangan Instrumen Asesmen untuk Mengukur Kompetensi Computational dan Compassion pada Pembelajaran Case MethodDimas Permadi, S.Pd., M.Pd.PT/Mandiri  5 
21The Effect of Stem Learning on Asean Preservice Physics Teacher: An Examination of Tpack and Self BeliefProf. Abdurrahman, M.Si.      PT/MandiriAnanda Resya Putri (2013022011), Dea Citra Kharisma (2013022003 50 
22Analisis Penalaran Ilmiah pada Implementasi LKPD Materi Energi Terbarukan Berbasis PJBL dalam Pembelajaran Fisika SMADr Viyanti , S.Pd., M.Pd.PT/MandiriIntan Khasanah (1913022010) 15 
23Pengembangan E-LKPD Berbasis Learning of Inquiry Sequences (LOIS) untuk Menstimulus Hands-On, Mind-On, Hearts-On Activity, dan Keterampilan Proses Sains Peserta DidikDr. Kartini Herlina, M.Si.PT/MandiriBizry Cahya Divia (2023022014), Ficha Aulia Indah Pratiwi (1853022002) 15 
24Implementasi Praktikum Fisika Menggunakan Sensor Smartphone dengan Aplikasi Physics Toolbox Sensor Suite pada Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri TerbimbingIsmu Wahyudi S.Pd., M.Pfis.PT/MandiriZulfani Nadia Agustina (1913022028), Lutfia Maulidina (1913022013), Annisa Sekar Arum (1913022045), Arini Wulandari (1913022057) 15 
25Pengembangan E-Modul Terintegrasi 4C Sebagai Implementasi Indikator Kinerja Utama Kelas Kolaborasi dan PartisipasiAnggreini, S.Pd. M.Pd.PT/MandiriEliezer Parulian Panjaitan (1813022031), Ananda Resya Putri (2013022011) 8 
26Kajian Desain Pembelajaran Efektif Pasca Pandemi Covid-19Prof. Abdurrahman, M.Si.Lembaga DN (diluar PT)  110 
27Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA SD Berbasis LYNK pada Mata  Kuliah Pengembangan LKPD Di Program Studi S1 PGSD FKIP UnilaProf. Dr. Sunyono, M.Si Mu’tas Ulil Absor (2013053038), Vinsensius Asto Adi Pranata (2053053017), Rahmat Agung Dwi Sarjana (2013053086), Elsyah Kurnia (2013053044), Wahyu Lestari (2013053023), Atri Putri (2013053060), Salwa Faadhila Barmuranbi (2013053060), Ellen Kumala Dewi (2013053050), Desvi Lenais Putri (2013053010), Nova Atika Royani (2013053163)   
28Pengembangan Instrumen Penilaian Matematika yang Menggunakan Politomus ResponDr. Sugeng Sutiarso, M.Pd. Fitri Mardhotillah Gumay (2123022005), Laili Fauziyah (2123022006)   
29Pengembangaan Instrumen Asesmen untuk Mengukur Kompetensi Computational dan Compassion pada Pembelajaran Case MethodIsmi Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Indira Ratna Dewanti (1813024059), Septiana Mediawati (1813024020)   
30Model Distance Learning Berbasis Moodle Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Unjuk Kerja Pada Perkuliahan Instrumentasi Fisika Secara OnlineProf. Dr. Agus Suyatna, M.Si.     
31Pengembangan e-LKPD Berbasis Etnosains Lampung Dan Sumatera Selatan sebagai Learning Loss Recovery Pada Keterampilan Proses Sains SiswaProf. Dr. Sunyono, M.Si Ema Juwita (2023026003), Otis Aprillia (1813024021)   
32Pengembangan Instrumen Asesmen 6C (Critical, Creative, Computational, Collaboration, Communication, and Compassion)Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd.PT/MandiriRatna Komalasari (1813024008)  20
33Pengembangan Instrumen Tes Scientific Argumentation Fisika Berbasis Teori Tes Modern Menggunakan Pemodelan Soal Melalui E Learning Schoology LMSDr Viyanti , S.Pd., M.Pd. Alda Novitasari (2123022008)     
34Pengembangan E-Assesment Literasi Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta DidikProf. Dr. Undang Rosidin, M.Pd. Apriliana Puspa Andhani (2123053021), Rahmalia Azharini (2123053011)40 
35Pengembangan E-Assesment dalam Pembelajaran IPA untuk Melatih Kemampuan 4C Peserta Didik Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka BelajarDimas Permadi, M.Pd. Dea Citra Kharisma (2013022003) 0
36Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan LKPD Dengan Pendekatan STEM pada Materi Energi Alternatif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Creative Problem SolvingProf. Dr. Agus Suyatna, M.Si.   029 
37Model Pembelajaran Kritis – Kolaboratif untuk Membangun Keterampilan Abad 21 Mahasiswa dalam Konteks Isu SosiosaintifikProf. Dr. Agus Suyatna, M.Si.   051 
38Pengembangan Program Pembelajaran Energi Terbarukan dengan Strategi Design Thinking Terintegrasi PBL-STEM untuk Menstimulasi Keterampilan Creative Problem Solving dan Literasi Numerasi Peserta DidikProf. Dr. Abdurrahman, M.Si Neo Safitri (2013022006) 029 
39Learning Loss Of Physics Concepts And Effort: Study in Indonesia and MalaysiaDr. Viyanti , S.Pd., M.Pd. Ananda Raisya Putri (2013022011), Anita Fitria (2113022018) 050 
40Implementasi Instrumen Asesmen Keterampilan 6C Berorientasi Dynamic Society Pada Pembelajaran Case Method dan Team Based Project untuk Memenuhi IKU 7 Perguruan TinggiProf. Dr. Undang Rosidin, M.Pd. Resta Meldatia (1913021002), Zahra Zahira Salsabila (1913022011 020 
41Pengembangan Unit Pembelajaran Fisika Berbasis Understanding By For Sustainable Development (ESD) Pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi dan Berpikir KreatifDr. Kartini Herlina, M.Si. Alda Novita Sari (2123022008), Ahmad Saroji (2123022009)15 
42Pengaruh Model Project Based Blended Learning Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Global Warming Awareness SiswaWayan Suana, S.Pd., M.Si. Tarisa Valenia (1913025001), Suzanna Wati (1953022002)
43Pengaruh Soft Scaffolding Strategy Pada Pembelajaran Case Method Terhadap Complex Problem Solving Skills MahasiswaNovinta Nurulsari, S.Pd., M.Pd. Na’imatul Mahmuda (1813022002) 0
44Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Proses Melalui Praktikum Real dan Virtual Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar SiswaWayan Suana, S.Pd., M.Si. Gita Putri Rahmawati (2013022009), Latia Merinda (2013022026) 015 
45Analisis Trend Penelitian Pengembangan pada Pembelajaran IPA di IndonesiaDimas Permadi, M.Pd. Annisa Dira (2013022004), I Wayan Widya Wedana (2113022029) 0
46Penerapan PBL-STEM Berbantuan e-LKPD untuk Mekatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka BelajarAnggreini, S.Pd., M.Pd. B. Tiara Shafa Zahirah (1913022031), Ananda Raisya Putri (2013022011)   
47Pengembangan e-ASSESSMENT dalam Pembelajaran IPA untuk Melatih Kemampuan 4C Peserta Didik sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka BelajarDimas Permadi, M.Pd. Dea Citra Kharisma (2013022003)
48Implementation of STEM Physics Education in Malaysian and IndonesianDr. Viyanti, M.Pd. Ochira Chantika Trinetha (2013022001), Ananda Raisya Putri (201022011) 050 
49Pengembangan Modul Computational Thinking Berbasis Sosio Humanistik Untuk Pembelajaran Daring/Hybrid Dengan Mengintegrasikan Case MethodsDr. Viyanti, M.Pd. Nada Nadidah (2013022035)20 
50Pengembangan Instrumen Asesmen 6C Pada Pembelajaran Case Method dan Team Based Project untuk Memenuhi Standar IKU 7 Perguruan TinggiProf. Dr. Undang Rosidin, M.Pd.   Ratna Komalasari (1813024008) 020 
51Desain Pembelajaran Energi Terbarukan Berbasis STEM PBL Berorientasi Socio Constructivist Didactic untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Komputasi dan Literasi Sustainability Siswa SMAProf. Dr. Abdurrahman, M.Si. Ghani Fadhil Rabbani (2223022010)   
52Pengembangan Program Pembelajaran Energi Terbarukan berbasis Ethno STEM Budidaya Rumput Laut untuk Melatih Creative Thinking dan Entrepreneurial SkillsProf. Dr. Abdurrahman. M.Si.   Cindi Ratna Putri (2323022004)     
53Pengembangan Program Pembelajaran Energi Terbarukan berbasis SSI Terintegrasi PBL-STEM untuk meningkatkan Collaborative Problem Solving dan Entrepreneurial SkillsProf. Dr. Abdurrahman. M.Si. Sri Rahayu (2323022009) 023 
54Pengembangan Program Pembelajaran Energi Terbarukan Berbasis SSI Terintegrasi STEM-PBL Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif dan Scientific LiteracyDr. Kartini Herlina, M.Si. Anis Tasyani (2323022008)   
55Creative Science: Fun And Safe Experiments With Everyday Materials (Proof Of The Presence Of Cl2 Gas From A Reaction Product)Prof. Dr. Sunyono, M.Si.   Jihan Tama Parasiska (2113021027), Anita Fitria (2113022018)40 
56Implementasi Project Argumentative Learning Menggunakan Interactive e Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi SiswaProf. Neni Hasnunidah, S.Pd., M.Si. Meli Safitri (2123025005), Syukron Fuad (2123025008)   
57Pengembangan e-LKPD Energi Terbarukan Berbasis STEM-EDP untuk Melatih Keterampilan System Thinking Skills and Creative Problem SolvingDr. Kartini Herlina, M.Si. Alyana Atina (2323022002)   
58Pengembangan Program Pembelajaran Energi Terbarukan Berbasis SSI Terintegrasi STEM PjBL Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif dan Scientific LiteracyDr. Kartini Herlina, M.Si. Anis Tasyani (2323022008)20 
59Melejitkan Smart Risk-Taking Behaviour dan Growth Mindset melalui Pembelajaran Berbasis EtnosainsDra. Tjaturingsih Rosdiana, M.A. Anis Tasyani (2323022008) 0149 
Jumlah Per Tahun