
Dr. Viyanti, M.Pd, dengan Jabatan Akademik Lektor Kepala, lahir di Tanjung Karang pada 30 Maret 1980. Ia memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dari Prodi Pendidikan Fisika Universitas Lampung tahun 2002, gelar Magister Pendidikan dari Prodi Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2009, dan gelar Doktor pada Bidang Ilmu Pendidikan IPA dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 2019.
Dalam bidang pengajaran, mata kuliah yang diampu adalah Sejarah Perkembangan Fisika, Instrumentasi Fisika, Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa, dan Metodologi Penelitian. Selain itu, dalam lima tahun terakhir, Dr. Viyanti, M.Pd., juga telah menghasilkan sejumlah karya buku, termasuk “Kebumian” (2019), “Pembelajaran Sains di Era Akselerasi Digital” (2020), dan “Perkembangan Sejarah Fisika Dari Masa Ke Masa” (2020). Pada tahun 2021, beliau fokus pada tata surya dengan merilis serangkaian buku tentang asteroid, komet, matahari, bulan, planet, dan satelit, semuanya diterbitkan oleh Bumi Aksara. Tahun yang sama, beliau juga berkontribusi pada literatur metodologi penelitian dengan buku “Diskusi Seputar Metodologi Penelitian.” Prestasi ini mencerminkan komitmen beliau dalam menghasilkan karya ilmiah bermutu.
Dalam bidang penelitian, Dr. Viyanti telah terlibat dalam beragam kegiatan penelitian dari berbagai sumber pendanaan, termasuk Implementation of STEM Physics Education in Malaysia and Indonesia, Melejitkan Smart-Risk Taking Behaviour dan Growth Mindset Melalui Pembelajaran Berbasis Etnosains, dan Pengembangan Instrumen Tes Scientific Argumentation Fisika Berbasis Teori Tes Modern Menggunakan Pemodelan Soal Melalui E-Learning Schoologi LMS.
Dr. Viyanti juga telah menerbitkan sejumlah artikel dalam berbagai jurnal nasional dan internasional, sebagian diantaranya adalah “Learning Strategies Design to Accommodate Learning Styles, Initial Knowledge and Reduce The Differences of Scientific Reasoning and Argumentation Performance,” “Design of e-modules to stimulate HOTS on static fluid materials with the STEM approach,” dan “Reconstruction of Higher Order Thinking Skill Through Enriching Student’s Argumentation Skills”.
Berikut ini link hasil publikasinya dalam beberapa database.
Scopus: https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57193447112
Google Schoolar: https://scholar.google.com/citations?user=TFoWvOYAAAAJ&hl=id&oi=sra
Sinta: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6680348